Pages

Friday, November 30, 2012

Mathematica 9: Makin Andal, Lengkap & Mudah

Ada sebuah "kebetulan" pada kunjungan perwakilan Wolfram Research dari US ke kampus IPB kemarin, Rabu, 29 November 2012 dalam rangkaian "Wolfram Indonesia Tour 2012".  Hari itu pula bertepatan dengan peluncuran Mathematica 9.  Saya pun langsung mendownload versi trial 30 hari.  Setelah mencoba, di awal langsung dapat merasakan efisiennya bekerja dengan fitur baru, "Predictive Interface".


Fitur ini berupa:
  1. Tawaran analisis lanjut dari sembarang sel output,
  2. Tawaran melengkapi perintah secara langsung saat mulai menuliskan perintah, 
  3. Tawaran memilih sintaks argumen suatu perintah.
Pada setiap sel output akan muncul menu yang berisi beberapa tawaran analisis lanjut yang dapat dilakukan.  Misalkan kita punya list dua dimensi berupa matriks sebagai input.  Maka di sel output, Mathematica akan menawarkan banyak pilihan analisis lanjut berupa fungsi-fungsi terkait matriks, fitting data (regresi), plot, dsb., termasuk meminta bantuan WolframAlpha untuk melakukan analisis lebih lanjut.

Next Computation Suggestion Bars
Context Sensitive Input Assistant

Anda yang banyak bekerja dalam analisis data secara statistika boleh bergembira dengan dintegrasikannya bahasa pemrograman R (free, open source) ke dalam Mathematica melalui fasilitas RLink.  Dengan demikian anda dapat memanfaatkan keandalan R dalam analisis data dari Mathematica.

Wolfram tampaknya terus konsisten dengan mimpinya: menyediakan sebanyak mungkin tools dalam satu sistem Mathematica.  Secara keseluruhan terdapat 400 kemampuan baru dalam 57 area aplikasi, termasuk:
  • New graph and network analysis, including built-in links for Facebook, LinkedIn, Twitter, and more,
  • Markov chains, queueing theory, time series, and stochastic differential equations,
  • Major new data science, probability, and statistics functionality, including survival and reliability analysis,
  • Highly integrated units support, including free-form linguistic entry, conversions, and dimensional consistency checking across graphics and numeric and symbolic calculations,
  • 3D volumetric image processing and out-of-core technology that scales up performance to very large 2D and 3D images and video,
  • Integrated analog and digital signal processing.
Anda dapat melihat fitur-fitur ini dalam screencast video dari Wolfram.

Sayang, saya tidak menemukan fitur "step by step solution" seperti yang bisa diperoleh melalui WolframAlpha.  Tapi baguslah.  Bukankah perwakilan Wolfram kemarin mengatakan, hanya 20% dari para pelajar/mahasiswa yang menggunakan fitur itu sebagai alat bantu pembelajaran.  Sisanya, 80% hanya copy-paste untuk menjawab tugas/PR yang diberikan... :(

Font Crash, Updated Dec 04, 2012
Bila anda menginstall Mathematica 9, kemudian terjadi crash (blue screen) pada komputer, itu disebabkan adanya error ketika update font dari versi sebelumnya. Download file EXE berikut dari Wolfram, jalankan, restart komputer, fixed...
http://support.wolfram.com/kb/data/uploads/2012/11/restoremathfonts.exe 

Hal ini tidak akan terjadi bila anda mengunduh Mathematica 9 sejak Dec 4 karena Wolfram telah mengganti file installnya dengan memperbaiki masalah crash ini.


1 comments:

Unknown said... [reply]

Jika Anda hanya mencari tahu bagaimana untuk merenda, ini adalah pola yang bagus untuk memulai. Ini dan besar 'pergi ke' pola ketika Anda ingin selimut bayi yang bekerja dengan baik dengan sangat cepat. Jika Anda lupa tentang itu hadiah baby shower yang akan memerlukan karena akhir pekan ini, pola jual selimut bayi lucu murah motif angry bird ini mungkin menjadi jawaban Anda. Hal ini terdiri dari semua DC (crochet ganda) jahitan bekerja di loop kembali saja, sehingga benar-benar Peasy mudah!

Memori sendiri Knitnscribble ini melahirkan dengan pola selimut bayi ini adalah jam merajut saat Anda sedang menonton Disney Dinosaur, difilmkan pada tahun 2000, dengan cucu pertama. Antusiasme montok nya untuk lemur Anda menonton telur dinosaurus ditinggalkan maka membesarkan bayi dinosaurus, Aladar, sendiri; ikal pirang memantul seluruh kepalanya saat dia melihat jual selimut bayi lucu murah motif rilakuma Aladar datang untuk menjadi dinosaurus dewasa lengkap dengan semua pertanyaan dan tantangan dari kurikulum matang hidup; akhirnya untuk memenuhi cinta dalam hidupnya, Neera, yang pada sarang mereka dukung:

Seperti orang tua di seluruh dunia, Anda mungkin telah menghabiskan bulan mendapatkan diri Anda siap kedatangan merek baru, pastikan bahwa Anda telah mencoba untuk membeli bayi Anda yang terbaik dari apa pun yang Anda bisa. Tetapi ketika Anda telah membeli anak mereka penting mengatakan misalnya mobil anak kursi, keranjang atau tempat tidur dan mandi bayi, Anda bisa bingung memikirkan mana jual selimut bayi lucu murah motif bola mu yang pakaian bayi baru mungkin memerlukan.


Bayi biasanya akan menggerakkan tangan dan kaki mereka saat tidur, yang dapat menyebabkan penjahat untuk mendapatkan terluka oleh panjang bar di buaian. Jika mereka memakai kantong tidur, cedera potensi ini dapat pasti akan dicegah. Selain di atas, kantong tidur juga akan melindungi mereka dari SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

Pegang RRS sebagian besar didasarkan pada jumlah foto yang Anda inginkan pasti 1 hal penting yang harus memeriksa penggunaan make dari mencari tahu tentang ringan. Untuk mendapatkan potret, kita semua merekomendasikan memiliki cahaya lembut. Ini ringan khusus itu akan selalu dirancang dengan pengalaman dan selimut bayi melalui bouncey.

Post a Comment