Pages

Friday, March 9, 2012

Formula Matematik Terindah

Bak seorang selebritis, formula matematik pun punya fans.  Dan andalah, para math lovers yang dapat menilai apakah suatu formula matematik tergolong indah atau tidak.  Meski keindahan itu sendiri bersifat subyektif, tapi kita coba tetapkan kriteria yang umum bagi suatu formula yang elegan, yakni: i) ringkas, ii) dalam, dan iii) mencengangkan!

Lalu, siapakah sang ratu formula math terindah?  Berdasarkan penilaian dari beberapa matematikawan, ilmuwan ternama, dan kontes formula yang pernah diadakan, pilihan jatuh pada Identitas Euler,
$$e^{i\,\pi}+1=0$$
Inilah sebuah persamaan ringkas yang mampu mengaitkan 5 konstanta penting matematika, serta 3 operator dasar aritmetika, yaitu:
  1. bilangan Euler, e, yang merupakan basis logaritme alami,
  2. konstanta Pi, $\pi$, yakni nisbah keliling terhadap diameter sebuah lingkaran.
  3. bilangan imajiner i, dengan sifat $i^2=-1$,
  4. identitas perkalian, 1
  5. identitas penjumlahan, 0, dan
  6. operator pangkat, kali, tambah.
Fisikawan kondang, Richard Feynman, menjuluki persamaan tersebut sebagai, "the most remarkable formula in mathematics".  Anda tentu sudah dapat menduga penemunya; matematikawan ternama, Leonhard Euler.  Identitas Euler merupakan kasus khusus dari formula Euler, $e^{i\,\theta}=\cos\,\theta+i\,\sin\,\theta$, dengan mengambil $\theta=\pi$.

Menyimak keindahan yang tersurat dan tersirat di balik Identitas Euler, saya punya gagasan, alangkah uniknya bila seorang Cerdas yang menjuarai suatu kompetisi matematika misalnya, diberikan sertifikat yang berbunyi
"Penghargaan diberikan kepada Sdr. Cerdas sebagai
JUARA  $-e^{i\,\pi}$..."
[Hide comments] - [Show comments]
Click on a single comment to hide/show its text

5 comments:

mamika said... [reply]

ungkapan seorang sahabat : basis logaritma alami e dan konstanta pi hanya bertemu di ruang kompleks.

Kutha Ardana said... [reply]

@mamika
disaksikan tiga operator... :)

Unknown said... [reply]

...pengikat hati eksponensial yg melambung tinggi dengan trigonometri yg periodis membumi..

Unknown said... [reply]

Seorang bayi yang baru selalu kesempatan yang menggembirakan, serta wali baptis, itu? S periode yang sangat baik dalam hidup mereka. Termotivasi untuk dianggap sebagai bayi? S dewa orang tua adalah tugas yang signifikan dan penting? itu menunjukkan Anda menjanjikan untuk mengurus anak? s kepentingan jika orang tua Anda berjuang untuk merawat bayi. Ini bukan janji ringan jual selimut topi bayi lucu murah skip hop dan banyak orang mengambil tanggung jawab untuk menjadi Wali Baptis yang sangat serius.


Hari ini saya akan menyarankan bahwa siapa pun yang ingin mencari cara untuk merenda selimut bayi, atau barang-barang rajutan lainnya, harus pergi online untuk melihat video. Alasan saya menyarankan video sebagai lawan hanya buku dalam video Anda dapat mengamati cara terbaik untuk mendukung benang dan hook, serta beberapa langkah lain harus jahitan tertentu.

Ini benar-benar lucu bagaimana orang-orang memiliki citra kepala mereka yang di Inggris kami sudah tiga atau empat bulan dari cuaca cerah panas yang indah di musim panas ketika bayi mereka kemungkinan besar akan keluar di kereta dorong bayi mereka, tanpa cara untuk selimut bayi diperlukan. Ketika Anda berbicara dengan mereka mengenai realitas cuaca Inggris dan persyaratan bayi, menyadari memahami bahwa ide-ide mereka tentang musim panas aren? Ta realitas yang sah. Saya juga menyatakan bahwa bahkan dengan hari benar-benar panas, sinar matahari bisa pergi di balik awan dan menjadi dingin atau jika Anda kebetulan keluar kemudian di malam hari bersama dengan suhu dingin, keuntungan utama dari strategi kami adalah yang Anda don? T harus mempertimbangkan hal itu, itu? s selalu ada.

Pertimbangkan berlutut dan bahkan berbaring di perut Anda dekat bayi untuk mengadopsi foto yang menghadirkan bayi dan dunianya mengagumkan cara terbaik ia memandang hal itu. Manfaat tambahan untuk turun dekat dengannya dia kemungkinan akan berinteraksi dengan Anda dan kamera jauh lebih baik daripada meskipun jika Anda telah menjulang di atasnya. Bahkan, Anda bahkan mungkin mempertimbangkan untuk mendapatkan kurang dari bayi yang baru lahir. Misalnya, tembakan dari dia mengintip ke bawah pada Anda dari bar di tempat tidurnya atau lebih tinggi baki kursinya umumnya adalah perubahan yang menyenangkan dari kecepatan.

 Bukan rahasia mengapa hard pengguna bayi selempang die membawa bayi mereka, mereka mengerti bagaimana menggunakannya dan mereka bekerja. Setiap ibu atau ayah akan mendapatkan bayi selempang yang ideal, dan kemudian untuk setiap ayah atau ibu bisa menjadi penggemar sesaat sling. Pelajari lebih lanjut tentang sling bayi. Jangan pertanyaan harus takut untuk menemukan sempurna bayi selempang Anda.

Post a Comment