Pages

Wednesday, March 14, 2012

Happy Pi Day 3/14

Pi Pie at Delft University (Wikipedia)
Bila suatu saat anda beruntung memiliki kesempatan mengenyam kuliah di universitas terkemuka MIT (Massachusets Institute of Technology), terhitung sejak tahun 2012 anda akan menerima surat pemberitahuan diterima sebagai mahasiswa yang dikirim tepat di hari Pi Day pada tanggal 3/14 (Maret, 14) pk. 6.28. Konstanta 6.28 adalah "adik kandung" Pi (π), disebut konstanta Tau (τ) dengan nilai Tau = 2 Pi.

Meski konstanta Pi = 3.1415... berupa bilangan irasional dengan desimal yang tak berulang dan tak berujung, fisikawan Larry Shaw pada tahun 1988 menggagas setiap Maret tanggal 14 (3/14) sebagai Pi Day, bersamaan dengan tanggal lahir ilmuwan tersohor, Albert Einstein (3/14, 1879).  Gayung pun bersambut.  DPR AS pada tahun 2009 menetapkan 3/14 sebagai National Pi Day.

Perhitungan serius tentang Pi pertama kali dilakukan oleh Archimedes sekitar 300 tahun SM menggunakan pendekatan poligon.  Namun lambang π sendiri baru diperkenalkan tahun 1706 oleh matematikawan asal Welsh, Wiliam Jones.

Sifat π dengan desimal tak berulang dan tak berujung telah memacu para matematikawan untuk berlomba menemukan formula komputasi π, baik dalam bentuk deret, limit, konstruksi geometri, maupun iterasi (http://mathworld.wolfram.com/PiFormulas.html).  Di pihak lain, berbagai algoritme terus dikembangkan untuk mengimplementasikan komputasi π.  Tak ketinggalan para perancang perangkat keras komputer terus tertantang untuk mengembangkan processor yang makin canggih.

Sampai saat ini, rekor dunia banyaknya desimal π telah menembus angka 10 triliun desimal  yang dipecahkan 17 Oktober 2011 dengan program y-cruncher oleh Alexander Yee dan desktop komputer yang dirakit oleh Shigeru Kondo.  Diperlukan waktu komputasi selama lebih dari 1 tahun (371 hari), 24 x 2TB harddisk komputasi, serta 5 x 2TB penyimpan output ( 1 TB = 2^40 bytes)  (http://www.numberworld.org/misc_runs/pi-10t/details.html).  Program y-cruncher ini juga telah memecahkan rekor dunia untuk konstanta-konstanta matematika lainnya, termasuk konstanta Euler (e) dan Golden Ratio.

Tahukah anda, bahwa puncak perayaan hari Pi (disebut: "Real Pi Day" akan jatuh pada bulan Maret tanggal 14, 2015 pk. 9:26:53 AM. Bila angka-angka ini dipadukan (3/14/15, 9:26:53) akan membentuk 10 digit pertama π (3.141592653).  Saya pun sudah menyiapkan judul artikel untuk yang satu amat spesial ini, "Happy 1-2*3+45*678+910..."


1 comments:

Unknown said... [reply]

Kehidupan seorang bayi saja tidak semua menyenangkan dan permainan. Ini bisa menjadi tujuan yang sangat menakutkan untuk mata kecil. Dunia adalah bising diketahui besar mengabdikan daerah mata Anda dari bayi Anda. Di mana-mana mereka melihat item baru harus datang ke tampilan yang bisa mengejutkan dan menakut-nakuti mereka. Inilah sebabnya mengapa tak terhitung jumlahnya bayi menemukan barang-barang yang mereka merasa aman dengan memiliki mereka melalui kurva belajar ini. Acara yang jelas dari jual selimut bayi lucu murah motif lengkap persyaratan untuk keamanan sering bayi memeluk melawan ibu atau ayah jika mereka ketakutan. Ada banyak item keamanan yang lebih. Yang paling baik tahu akan menjadi selimut bayi. Gambar bayi Anda memegangi selimut tentunya merupakan salah satu banyak orang menjaga perusahaan dengan. Penggunaan selimut sebagai sarana keamanan benar-benar pendekatan yang tepat untuk memberikan bayi lebih percaya diri.

Fotografi baru lahir menawarkan segala macam kemungkinan untuk menangkap bersalah dan bertanya-tanya orang tua atau gaurdian melihat dalam setiap bayi. Dari berpusat pada jari kecil dan jari kaki kecil menuju gumpalan rambut lembut seorang bayi, ada beberapa metode untuk berpose sedikit satu untuk dirinya pemotretan. Jika Anda jual selimut topi bayi lucu blanket carters seorang pemula untuk fotografi bayi, pastikan Anda pertama melihat petunjuk ini untuk melakukannya dengan baik di fotografi potret bayi.

Seperti orang tua di seluruh dunia, mungkin Anda telah menghabiskan bulan perencanaan untuk merek baru tiba, pastikan bahwa Anda memiliki attemptedto pembelian bayi yang terbaik dari apa pun yang Anda bisa. Tapi begitu Anda mungkin telah membeli anak mereka penting seperti kursi mobil, keranjang atau tempat tidur dan mandi bayi, Anda mungkin bingung memikirkan apa yang pakaian bayi baru Anda mungkin perlu.


Bayi biasanya akan menggerakkan tangan atau kaki jual selimut bayi lucu murah memoi bobalimut saat tidur, yang dapat mengakibatkan ponsel ini terluka oleh bar panjang dalam buaian. Jika mereka memakai kantong tidur, cedera potensi ini dapat pasti akan dicegah. Selain di atas, kantong tidur juga akan melindungi mereka dari SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

 Ketika Anda berpikir, jadi apa yang bisa saya perlu untuk mendapatkan bayi yang baru lahir, solusinya adalah bahwa tidak ada aturan keras dan cepat. Ada banyak pilihan yang orang membuat tergantung pada gaya hidup, anggaran dan jenis preferensi mereka. Jelas Anda dapat menemukan penting seperti popok dan pakaian, namun Anda akan menemukan banyak pilihan dalam daerah-daerah tentang jenis, dengan cara misalnya, popok kain popok mungkin dicuci atau sekali pakai.

Post a Comment