Pages

Friday, March 14, 2014

3/14 Pi Day, Einstein's Birthday

Jika anda perhatikan waktu posting artikel ini: 1:59 PM, mungkin ada yang sudah dapat mengaitkan dengan judul artikelnya.  Ya, saya sengaja memilih waktu tersebut, karena kalau dirangkaikan dengan tanggalnya (dalam format md) akan menjadi 3.14159.  Itulah 6 digit pertama konstanta π (Pi) dari takhingga banyaknya digit yang dimilikinya.  Fisikawan Larry Shaw adalah penggagas Pi Day pada tahun 1988.  Tahun 2009 DPR AS menyetujui penetapan National π Day.  Larry Shaw tentu juga ingin memperingati hari istimewa itu karena juga bertepatan dengan hari kelahiran fisikawan tersohor, Albert Einstein.

Komputasi serius π yang telah dirintis Archimedes 300 SM hingga saat ini terus berlanjut.  Rekor dunia banyaknya desimal π telah menembus angka 12 triliun desimal  yang dipecahkan 28 Desember 2013  oleh Alexander Yee dan Shigeru Kondo.  Dua tahun sebelumnya mereka juga memecahkan rekor 10 triliun digit π dalam waktu lebih dari setahun (371 hari).  Kali ini, dengan melakukan optimasi pada implementasi algoritme   Chudnovsky melalui program y-cruncher, ditambah dengan pemanfaatan hardware yang lebih canggih,  waktu tersebut dapat dipangkas menjadi 3 bulan (94 hari).

Konstanta π yang digitnya tak berujung dan tak beraturan sering digunakan untuk mencari pola-pola kemunculan digit tertentu.  Bentuk lingkaran yang terkait erat dengan konstanta π dengan sudut penuh 360 (°) misalnya, ternyata muncul mulai posisi digit ke-358 hingga 360 dari digit desimal π.  Bilangan 169 muncul pada posisi 40, lalu 40 muncul pada posisi 70.  Jika proses looping ini diteruskan ternyata akan kembali ke posisi 40 dengan urutan: 40, 70, 96, 180, 3664, 24717, 15492, 84198, 65489, 3725, 16974, 41702, 3788, 5757, 1958, 14609, 62892, 44745, 9385, 169, 40.


STOP PRESS
Entah disengaja atau tidak, tepat pada Pi Day ini juga PDIP resmi mencalonkan Jokowi sebagai capres...
Kalau begitu PDIP = Pi Day Indonesia Party? :)


1 comments:

Unknown said... [reply]

California Cozy Bayi Boutique menawarkan personalisasi pada semua produk yang tersedia. Setiap monogram atau nama indah bersulam sebesar $ 15 per item dan tidak ada batasan untuk karakter. Kami menawarkan personalisasi pada jual selimut bayi lucu murah boneka carter Bayi Selimut, Selimut Keamanan, Bantal, Hooded Handuk, bersama dengan jubah dewasa dan melempar. Orang tua bangga pasti akan hal dan bayi akan menghargai selama bertahun-tahun.


Cascade Superwash 128 memiliki berbagai warna yang luas dan terjangkau dengan harga termasuk $ 14,95 dan di bawah, 128 yard per bola. Tapi mengapa bayi ini pola selimut yang ideal adalah yang stitch: brioche stitch menyediakan fluffiness tinggi Anda ingin membungkus bayi Anda dalam Brioche stitch dapat mengintimidasi knitters baru, mengingat melibatkan yarnovers yang tidak dihitung sebagai jahitan..

Ketika Anda mengangkat jual selimut bayi lucu carter single fleece ke frekuensi baru, fakta yang beresonansi dengan frekuensi lama berhenti bersama dengan pergeseran medan energi Anda. Suasana kualitas cahaya memasuki bumi sekarang bisa menciptakan situasi di mana semua orang dan segala sesuatu di planet ini mengangkat frekuensi. Ini termasuk anjing, semut, pohon, air. Semuanya berubah, sehingga Anda harus berubah ketika Anda pasti adalah bagian dari makeup fisik dan halus makeup getaran planet. Ketika saya mengatakan "Anda," saya membahas tubuh fisik Anda bersama dengan medan energi halus Anda. Benar Anda tidak terbatas, tetapi Anda menggunakan kostum getaran untuk membantu Anda melakukan hal-hal, membuat hal. Ini adalah Anda getaran kostum yang pasti berubah, yang pasti mengapa Anda mungkin kadang-kadang merasa tidak nyaman.

Ini adalah pilihan yang baik untuk menunjukkan anjing Anda untuk diam pada perintah. Jika jual selimut bayi lucu murah disney bertopi anjing Anda menikmati menyalak atau menggonggong, Anda akan perlu untuk mulai awal pelatihan anjing Anda untuk mencegah menggonggong setiap kali Anda pastikan ia mengerti untuk diam. Ambil kesempatan untuk melatih anjing Anda untuk diam setiap kali bel pintu berdering, setiap kali mailperson drive oleh, dan masing-masing dan setiap kali sobat atau berjalan relatif dalam rumah. Dengan cara ini, pada saat bayi datang dan itu adalah tidur siang, hewan peliharaan Anda akan dapat tetap tenang daripada membangunkan anak Anda.

Selalu ada jejak kaki energi ketika Anda memesan sesuatu di luar negeri. Hal ini karena banyak energi yang diperlukan untuk transportasi. Akibatnya, Anda harus memilih bunga yang tumbuh secara lokal. Anda juga harus pergi untuk bunga organik. Anda harus mempertimbangkan ide menggunakan kembali bunga. Ini berarti bahwa Anda dapat memulai dengan mengandalkan mereka untuk memperindah tempat upacara Anda. Bunga-bunga yang sama kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan risiko centerpieces dalam penerimaan Anda. Menggunakan bunga sutra juga merupakan pilihan. Mereka dapat digunakan kembali waktu dan lagi. Ini akan menjadi pilihan yang ramah lingkungan.

Post a Comment