Pages

Friday, February 14, 2014

1402/2014: Full Moon Derangement Valentine Day

Pada awalnya, melalui kalender saya hanya mengetahui bahwa Valentine day tahun 2014 bertepatan dengan bulan purnama.  Eksplorasi lebih lanjut menghasilkan sesuatu yang cukup unik dari sudut pandang kombinatorika (cabang matematika yang terkait dengan teknik pencacahan unsur-unsur suatu himpunan).  Apa itu?  Coba perhatikan susunan tanggal-bulan dengan tahunnya:

 1
4 0 2
2 0 1 4


Selain susunan digit tanggal-bulannya merupakan salah satu permutasi (susunan berbeda) dari digit tahunnya, permutasi tersebut memiliki susunan digit yang semuanya berbeda dengan susunan digit tahunnya (1≠2, 4≠0, 0≠1, 2≠4).  Susunan yang berbeda semua dengan susunan awalnya inilah di dalam kombinatorika disebut  derangement.  Tentu saja, derangement seperti ini langka karena di waktu mendatang hanya muncul di tahun-tahun {2041, 2140, 4021, 4120, 4210}.

Saya jadi teringat dengan sebuah lagu Sunda berjudul “Anjeun” (Kamu).  Berikut penggalan lagunya:

Dasar kudu kanyahoan
Ngirim surat salah ngasupkeun eusina
Surat sial jeung cilaka
Putus ka ditu ka dieu…


Lagu tersebut berkisah tentang seorang cowok yang mengirimkan dua surat kepada dua ceweq teman dekatnya (sang cowoq tidak menerapkan konsep fungsi 1-1 :-) ).  Yang membuat dia sial, dia salah memasukkan suratnya ke dalam amplop yang telah disiapkannya; surat untuk si A dimasukkan ke amplop si B, surat untuk si B malah dimasukkannya ke amplop si A.  Tamatlah riwayatnya… Open-mouthed smile 

Ini adalah contoh paling sederhana dari derangement dengan dua unsur yang menghasilkan hanya satu cara.  Andaikan kedua unsur tersebut kita lambangkan dengan {1, 2}, maka satu-satunya cara yang menghasilkan susunan yang semuanya berbeda adalah {2, 1}.  Kalau sang cowok mengirimkan suratnya untuk 3 orang teman dekatnya, {1, 2, 3}, maka nasibnya akan diputus oleh ketiganya bila ia memasukkan suratnya secara salah semuanya yang dalam hal ini ada sebanyak 2 cara, yakni: {2, 3, 1} dan {3, 1, 2}.

Derangement dari n unsur berbeda dilambangkan dengan d(n) atau !n (subfaktorial n) merupakan bentuk rekursif:

d(n) = !n = (n - 1) (d(n - 1) + d(n - 2)) , d(0) = 1, d(1) = 0

yang juga akan menghasilkan bentuk:

d(n) = n! (1/0! – 1/1! + 1/2! – … + (-1)n/n!)

Bentuk d(n) juga memiliki keterkaitan dengan bilangan Euler, e ≈ 2.71828… sbb.

d(n) = !n = [n!/e];   n ≥ 1

lambang [x] menyatakan bilangan bulat terdekat ke x (rounding).

Dengan demikian peluang bahwa dari permutasi n objek berbeda, akan menghasilkan susunan dengan posisi unsur yang berbeda semua adalah !n/n!.  Di dalam teori peluang, untuk n yang besar (n → ∞), peluang ini akan menjadi 1/e ≈ 0.3697…

Dengan Mathematica, derangement dari n unsur dapat dihitung dengan perintah Derangements[n] melalui package Combinatorica`.

Derangements[4]
{{2, 1, 4, 3}, {2, 3, 4, 1}, {2, 4, 1, 3}, {3, 1, 4, 2}, {3, 4, 1, 2}, {3, 4, 2, 1}, {4, 1, 2, 3}, {4, 3, 1, 2}, {4, 3, 2, 1}}

Berikut banyaknya susunan dari 10 derangement pertama dengan perintah Subfactorial.

Table[Subfactorial[n], {n, 1, 10}]
{0, 1, 2, 9, 44, 265, 1854, 14833, 133496, 1334961}

Happy Special Full Moon Derangement Valentine Day… :-)

1 comments:

Unknown said... [reply]

Musim semi adalah benar-benar durasi kelahiran kembali bersama dengan hanya satu selimut nyata salju musim dingin ini sejauh ini, bunga bakung sudah mendorong dengan tanah yang lembab karena Hari Tahun Baru. Bayi baru muncul jual selimut bayi lucu murah carter bulu dalam pikiran dan bayi selimut membuat hadiah mandi besar dan bris yang baru lahir dan tradisi pembaptisan. Merajut dan merenda pola-pola gratis di organik benang kapas, akrilik, atau wol campuran serat. Berikut adalah dua adaptasi dari pola yang lebih tua, satu mencolok bulu dan kipas selimut, yang lain, sama-sama "TDF."

Selimut bayi mungkin bisa menjadi dukungan tambahan yang bayi harus mampu untuk tumbuh dan belajar dalam lingkungan baru mereka. Selimut lembut dan lembut dan akan melindungi setiap kekhawatiran bayi mungkin. Bau ini bagian dari keamanan dapat mengingatkan anak anggota keluarga yang akan menghentikan dekat dan membantu mereka jual selimut bayi lucu murah bertopi untuk mengetahui bahwa mereka dicintai dan dilindungi dari kejahatan mereka melihat Anda di luar sana. Sebagian kecil dari kain bisa jauh lebih metode untuk tetap hangat untuk balita. Hal ini kemungkinan besar awal kemerdekaan dari ibu dan ayah dan mencari tahu bagaimana untuk mengeksplorasi secara mandiri.

 Jika Anda dihadapkan dengan masalah ini, di bawah ini adalah beberapa teknik yang Anda mungkin menemukan berguna dalam mengurangi tekanan si kecil Anda dan mencapai seluruh banyak dibutuhkan waktu yang berkualitas bersama dengan pasangan Anda. Pertama, berkomunikasi bersama dengan anak Anda. Jangan percaya bahwa mereka terlalu muda untuk menyadari. Biarkan mereka memahami apa yang Anda berencana untuk melakukan dan untuk berapa lama. Biasanya benar-benar membantu untuk menyediakan mereka jual selimut bayi lucu murah bulu elephant dengan beberapa hari untuk memproses pengetahuan. Jelaskan bagi mereka itu terbatas untuk beberapa saat dan bahwa Anda akan selalu kembali. Hal ini sangat penting untuk melakukan hal ini karena membangun iman dan kepercayaan Anda sebagai orangtua, membuat mereka informasi dan mendorong pengalaman percaya diri.

Ada banyak masalah yang Anda dapat memilih sebagai hadiah bayi, tetapi Anda tidak lagi berguna karena bayi tumbuh, misalnya, pakaian bayi, sepatu bayi, dll Sebuah simbol tahan lama kasih sayang berasal dari memberikan hadiah yang merupakan pilihan yang baik untuk waktu yang sangat lama. Salah satu hadiah tersebut personalisasi bingkai foto yang Anda telah mendapat dipersonalisasi dengan memperbaiki gambar pendamping Anda untuk siapa Anda akan memilih hadiah. Sebuah bingkai foto akan tetap dengan rumah anak ini hampir selamanya bersama dengan anak akan mengingat Anda suka dan sayang bahkan ketika sepenuhnya dewasa.

 Selain menjadi tradisi lama; Anda akan membutuhkan selimut untuk lampin, karena dapat membantu menetap bayi. Membungkus yang membuat mereka merasa aman; seolah-olah mereka masih dalam kandungan. Lampin hanya efektif untuk itu beberapa minggu pertama setelah lahir. Setelah satu bulan, lampin, yang menghambat gerakan, dapat membatasi anak-anak perkembangan motorik.

Post a Comment